Selasa, 02 Februari 2016

PIK R Karang Bajo Komitmen Turunkan Angka Nikah Dini

Karang Bajo. Pembina Pusat Informasi Konsling Remaja ( PIK R ) Desa Karang Bajo. Dedy Irawan, S.Pd mengatakan Program Utama PIK R Karang Bajo  adalah menurunkan angka Nikah dini  5% menjadi 2 % dari usia Produktif Remaja Putra putrid 2-25 tahun hal itu disampaikan saat menyampaikan evaluasi Capaian Program KB bersama Kepala Desa Karang Bajo 03-2-16.

 Program Keluarga Berencana Nasional adalah program yang harus disukseskan, oleh karena itu perlu diintegrasikan dengan kegiatan yang mendukung keberhasilannya. Salah satunya adalah program pembinaan Keluarga Berencana. Untuk mencapai keluarga yang berkualitas bercirikan sejahtera, maju, sehat, mandiri, mempunyai jumlah anak ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Maka upaya yang harus dilakukan adalah menyiapkan pengembangan sember daya  potensial yang ada sejak dalam kandungan sampai lanjut usia.

Mewujudkan keluarga sejahtera dan mandiri dipandang sangat perlu, maka oleh Sarjana Pengerak Masyarakat Desa (SPMD) Desa Karang Bajo selaku petugas Keluarga Berencana (KB) ditingkat lapangan bersama Pemerintah Desa Karang Bajo membentuk organisasi remaja yaitu pusat Informasidan Konseling Remaja (PIK-R) dengan nama PIK Remaja Karang Bajo. Mengingat pentingnya organisasi remaja tersebut maka Pemerintah Desa Karang Bajo mengeluarkan Surat Keputusan Pembentukan pada tanggal 10 november 2011. Organisasi PIK-R ini diharapkan mampu membantu pemerintah Desa dalam menangani permasalahan yang berhubungan dengan remaja.

Semenjak awal terbentuknya, PIK-R Karang Bajo mulai membentuk/menggarap kelompok-kelompok binaan yang hingga saat ini  menjadi daya tarik remaja disekitar desa Karang Bajo yang ingin bergabung menjadi anggota baru dalam kelompok PIK Remaja Karang Bajo. Adapun kelompok-kelompok yang dimaksud diantaranya:

Al-Fatah Nada (kelompok musik modern, sebanyak 23 orang anggota), bekerjasama dengan Remaja Masjid Al-Fatah Dusun Ancak Barat.
Bina Muda Comunity (kelompok sepak bola dibawah usia 19 tahun,sebanyak 30 orang anggota), bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Karang Bajo.
Sanggar Nu-Emucio (kelompok seni teater, seni tari kreasi dank kerajinan, sebanyak 47 orang anggota), bekerjasama dengan Remaja Masjid & Pengurus Yayasan Maraqita’limat Dusun  Lokok Aur.
Kegiatan kelompok binaan PIK Remaja tersebut di atas memiliki jadwal latihan dan penyuluhan yang teratur dengan jumlah anggota yang cenderung bertambah.

Seiring perkembangannya pada tahun 2012 PIK-R Karang Bajo juga menjalin kerjasama dengan Radio Komunitas Primadona 107,7 FM dan sukses dalam 3 acara sekaligus diantaranya: “PIK–R  On Air” (setiap sabtu pukul 20.00-22.00 WITA) Gita Remaja” (setiap minggu-jum’at pukul 20.00-22.00) “Talk Show BKkbN” (siaran secara berkala)

Atas dasar penilaian kegiatan tersebut diatas maka pada tahun 2012 PIK-R Karang Bajo meraih juga juara I lomba PIK-R tingkat Kecamatan Bayan Kategori “Tumbuh” dan kembali mendapat juara I pada lomba yang sama di tingkat Kabupaten Lombok Utara. Sempat mengikuti lomba PIK-R tingkat Provinsi NTB, namun tidak meraih juara.

Pada tahun 2013 PIK-R Karang Bajo kembali menggarap satu kelompok yang disebut TAJAM (Tabungan Remaja Mandiri) dengan anggota awal sejumlah 37 remaja. Tujuan pembentukan kelompok belajar mengelola keuangan remaja sejak dini (semenjak usia remaja).
Hingga pada akhir tahun 2013 jumlah anggota TAJAM meningkat menjadi 85 anggota tetap. Namun pada juni 2014 seluruh tabungan  direalisasikan serentak keanggota TAJAM guna pemenuhan kebutuhan anggota menghadapi ajaran baru kenaikan kelas di sekolah masing-masing. 

Di tahun 2013 PIK-R Karang Bajo Kembali dipercaya mewakili lomba PIK-R tingkat Provinsi untuk kategori “Tegak” dan memperoleh Juara II di tingkat Provinsi.
Kemudian pada 10 Nopember 2014 seiring dengan berakhirnya masa kepengurusan PIK-R lama Maka diadakanlah pembentukan Pengurus PIK-R yang baru. Dari hasil keputusan tersebut maka terbentuklah pengurus baru dengan susunan kepengurusan sebagai berikut: 

Ketua : Maolani (Guru PAUD)) Sekretaris    : Rahmi Handayani (Mahasiswa) Bendahara     : Saniati Mustofa Kartini (Pelajar SMA)Pendidik  Sebaya    : Diana Pungky (Guru PAUD)  Mardiah Siska (Pelajar SMK Kelautan) Konselor Sebaya     : Wardiah (Guru MI) Aisyah (Pelajar SMA) Koordinator Kegiatan    : Rohadi Ahmad (Guru MTs) Adapun pada kepengurusan yang baru pengkaderan lebih diperan aktifkan kepada adik-adik pelajar dengan harapan memperoleh hasil kaderisasi yang lebih baik.  Terkait dengan minimnya biaya operasional pengurus (operasional bersifat swadaya), maka semenjak kepengurusan yang baru kegiatan PIK-R Karang Bajo hanya difokuskan kebeberapa kegiatan inti, diantaranya: Penyuluhan dan konseling Remaja

Pelatihan Kerajinan dan Keterampilan bagi anggota PIK-R sekaligus membentuk anak kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diberi nama Kelompok “BALE NINA” & Kelompok “BALE URUK”. Pembinaan seni kreasi bagi anggota PIK-R Selain kegiatan inti tersebut di atas PIK-R Karang Bajo juga aktif berpartisipasi mengisi acara diberbagai even kegiatan seperti: Pengisi acara hiburan pada lomba MTQ Tingkat Kecamatan semenjak tahun 2012 – sekarang, Pengisi acara pada acara hiburan HUT KLU & RI semenjak tahun 2013 – sekarang, selain itu aktif juga dibeberapa kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan di wilayah Desa Karang Bajo.

Berkat komitmen kerja Pengurus dan keaktifat anggota PIK-R Karang Bajo pada kegiatan Industri Kecil menengah (IKM) maka pada Desember 2014 melalui anak kelompok PIK-R yakni Kelompok “BALE NINA” mendapatkan apresiasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (PERINDAGKOP) Kabupaten Lombok Utara dengan memberikan bantuan berupa alat-alat IKM.

PROGRAM KEGIATAN PIK-R DESA KARANG BAJO PIK-R Karang Bajo mempunyai beberapa program baik yang sudah berjalan maupun rencana kegiatan lanjutan diantaranya: Program Tahun 2011 – 2013, Kegiatan Penyuluhan Remaja, Pengenalan Alam, Penghijauan Dan Kepanduan, Pelatihan Membuat Kerajinan Anyaman, Tabungan Remaja Mandiri (TAJAM), Kegiatan Seni Melalui Sanggar Nu Emocio dan Al-Fatah Nada, Kegiatan Olahraga Melalui Bina Muda, PIK-R On Air Melalui Radio Komunitas Primadona FM

Program 2014 – 2016, Penyuluhan Remaja, Pembentukan Usaha Mandiri Remaja, Pelatihan Teknologi (Kursus Komputer), Taman Bacaan Remaja, Melatih Menjahit, Kerajinan Nyesek (Pembuatan Kain Tradisional), Membentuk Radio PIK-R, Latihan Menulis Buletin PIK-R, Membentuk SEKAHA (Group Musik Tradisional), dapun keberhasilan (output) yang dapat kita lihat semenjak terbentuknya PIK-R Karang Bajo sejauh ini diantaranya. Meningkatkan pemahaman remaja tentang IMS, HIV AIDS, NAFZA, Pola Hidup Remaja Sehat, Menurunkan angka kenakalan remaja khusunya di Desa Karang Bajo, Menurunkan angka nikah usia dini, Pendewasaan usia perkawinan (PUP), Munculnya bakat-bakat dan keterampilan positif dari kalangan remaja melalui  penerapan kegiatan-kegiatan yang positif pada remaja, seperti: Seni Musik, Seni Tari, Teater, menjadi penyiar radio, Menabung, serta kegiatan positif lainnya.

Harapan Usahlah hujan lebat mengguyur raga kami, Setitik saja cukup untuk membasahi semua, Tapi terik janganlah mencekik dulu, Senyum indah kami belum siap untuk terbagi, Kan kami kirim senyum indah ini ke tiap-tiap ujung negeri, Lewat PIK-R sang bidadari , Lewat BKkbN yang bersayap periang siap menebarkan senyum indah kami, Senyum indah remaja sang anak negeri, Penerus harapan ibu pertiwi, Matur tampiasih BKkbN, Sayapmu kan terus tumbuh pada hati kami, hati tiap-tiap PIK-R sang anak negeri, Penerus hati ibu pertiwin , Amin,…………. 
              
Besar harapan seluruh Pengurus agar kelompok PIK-R Karang Bajo dapat maju dan berkembang layaknya kelompok PIK-R di tempat-tempat lain. Perhatian dan partisipasi berbagai kalangan pada umumnya serta BKkbN pada khususnya agar kedepan  lebih intens dalam pembinaan terhadap kelompok PIK-R Karang Bajo. Stop Narkoba!     No  HIV/AIDS! Tolak Sex Bebas! Hindari Nikah Dini! Dukung PUP…!!!.............  GO   GENRE…!!!  Indonesia Menuju Generasi Berencana. AMIN…..( Kertamalip )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar