Jumat, 29 Januari 2016

Karang Bajo Membentuk Kelompok Pendukung ASI

Karang Bajo. Memberikan nasehat praktis kepada ibu hamil dan Ibu menyusui tentang Asi dan perwatan payudara, Memberikan dukunga fsikologi pada Ibu menyusui menimbulkan rasa percaya diri dan mendata semua jumlah ibu Hamil dan Ibu menyusui di wilayah masing masing adalah tugas dari Kelompok Pendukung Asi hal itu disampaikan oleh Bidan Ahli Puskesmas Senaru H. Rusmiatun. S.Keb pada acara pembentukan Kelompok Pendukung ASI 29-01-16.

Hadiah yang paling berharga bagi bayi baru lahir adalah ASI ( Air Susu Ibu ) sama seperti binatang menyusui. Ibu manusia juga memproduksi ASI susu secara unik sesuai usia. setelah bayi lahir , produksi ASI menyusul, memberikan kehangatan kepada bayi baru lahir maka harus ada Asi Esklusif yaitubayi hanya diberi ASI saja tanpa tambahan cairan lain dan makanan sampai umur 6 bulan. sehingga Keuntungan Asi diantaranya Dokter sepakat bahwa ASI dapat mengurangi resiko Infeksi lambung Usus , sembelit, dan alergi, bayi memiliki kekebalan lebih tinggi dari penyakit.

Mampaat ASI adalah Kolustrum, ASI benar benar bergizi, ASI Memberikan kenyamanan pada bayi, Bagi ibu menstimulasi hormon yang memproduksi asi, Produksi ASI meningkat dgn adanya Hisapan Bayi, ASI NTidak memerlukan biaya, sedangkan Komposisi ASI adalah ASI mudah di cerna, ASI mengandung Zat Zat Bergizi. ASI Mengandung protein Tinggi, ASI Mengandung DHA berperan penting proses maturasi ( pematangan ) otak dan ASI Mengandung zat anti infeksi. 

Usaha memperbanyak ASI yairu Tingkatkan Frekuensi menyusui, ibu harus dalam keadaan rileks, banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan  perawatan payudarasedangkan Lama Penyimpanan ASI setelah diperah yaitu Pada suhu kamar tanpa AC 4 jam , pada Suhu ruangan ber AC 6 jam didalam botol tertutup rapat, dalam suhu 25 c, Dalam lemari ES 8 hari terpisah dari makanan lainnya , dalam frezer 3 bulan, Mencantumkan tanggal pd btl susu, Panaskan ASI pada botol kedalam air hangat, Atau merendam botol susu ke dalam mangkok berisi air hangat dan Susu yang sudah di panaskan tidak dapat disimpan lagi mengenai cara memberikan ASI perahan yaitu Panaskan ASI pada botol kedalam air hangat Atau merendam botol susu ke dalam mangkok berisi air hangat sehingga Susu yang sudah di panaskan tidak dapat disimpan lagi. 

Kelompok Pendukung ASI Desa karang Bajo Ketua  I : Kertamalip ,Ketua II :Suriatni, Sekretaris :Husniatun S.Pd Koordinator  Tungkat Desa : Nurasiah Amd.Keb, Denda Eka Yuliana Amd. Kep. Koordinator Dusun Karang Bajo : Khusnul Hotimah ,Hayanah, Liani, Koordinator Dusun Ancak Barat :  Sahnim,Paraini, Koordinator Dusun Ancak Timur :  Umiati ,Erna Rosyani, Koordinator Dusun Kopang :  Dian Sari, Hurniati ,Harniwati, Koordinator Dusun Lokok Aur :  Maulani, Wardiah, Koordinator Dusun Trantapan :  Rusniati, Rohani, Koordinator Dusun Dasan Baro :  Ratsinem, Ayu R Dina, Jatinep, Koordinator Dusun Gol Munjit :   Arsini,Susilawati ,Mursahadi, Koordinator Dusun Plabupati  : Kurniadi, Rody Hartono dan Riana.

Rencana Tindak Lanjut yaitu Sosialisasi Kedusun-dusun tentang pentingnya Kelompok Pendamping ASI, Koordinasi dengan lintas sektor agar KP ASI bias nyambung, Lebih meningkatkan pembinaan pendamping KP ASI, Merencanakan dan mengajukan kegiatan KP ASI ke desa di wilayah kerja UPTD PKM Senaru dan Mendata jumlah anggota KP ASI Dusun. Kesimpulan agar adanya pertemuan per tri wulan yang segala biaya di anggarkan oleh desa, sosialisasi tentang Kelompok pendamping ASI, Penyuluhan Perawaan Payudara di Posyandu, mendata jumlah ibu hamil, Ibu Nipas, Ibu menyusui disemua dusun yang dilakukan oleh kader Posyandu, membuat register dan membentuk Pendamping ASI di tingkat Dusun ( Kertamalip )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar