Kamis, 03 September 2015

Kelompok Home Industri Dapat Pelatihan

DKB. Kelompok Home Industri ( Pengerajin Kerupuk kulit ) se Desa Karang Bajo mengikuti pelatihan cara pembungkusan, Pemasaran dan Pelabelan  kerupuk yang diselenggarakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Partisipatip IAIN Mataram. Muhammad Liwa Irrubai S.Ag, M.Pd.  di Balai Pusaka Sebaya Tanta Karang Bajo Bayan KLU 30-08-15.

Kepala Desa Karang Bajo Kertamalip menyampaikan dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelatihan tata cara pembungkusan, Pemasaran dan Pelabelan  kerupuk sangat di butuhkan oleh kelompok pengerajin kerupuk, karena mengingat selama ini mereka membungkus hanya menggunakan lampu minyak tanah atau lampu lilin sehingga hasil dari pembungkusan kurang maksimal belum lagi mereka berhadapan dengan api bisa saja tangannya panas dan sebagainya.

Muhammad Liwa Irrubai S.Ag, M.Pd.  menjelaskan kepada peserta cara membungkus yang benar harus memakai alat cetak yang aman, lalu kelompok pengerajin harus punya lebel agar orang bisa mengenal kerupuk ini buatan siapa, alamatnya dimana dan cara Pemasarannya juga mudah jika ada label bisa kita cari jika kerupuk habis.

Ketua KKP IAIN Mataram Ahmat Hajat menyanpaikan bahwa alah satu program kami selama Kuliah Kerja Partisipatip di Desa Karang Bajo adalah sebagai Pasilitator kelompok Hom Industri yang ada di Desa Karang Bajo agar hasil usahanya meningkat 

Adapun kelompok Usaha/ hom Industri yang ada di Desa Karang Bajo yang masi tetap eksis adalah Kerupuk Kulit Idola Dusun lokok Aur, Kerupuk kulit Air Terjun Montong Godek Dusun karang Bajo, Kuping Gajah Bale Nina Dusun Lokok Aur Binaan Pusat Informasi Konsling Remaja Desa Karang Bajo dan Kerupuk Barokah Dusun Lokok Aur Desa Karang Bajo.

Harapan dari Ketua KKP IAIN Mataram dengan adanya pelatihan tersebut maka dapat menumbuhkan kembali semangat kewira usahaan dari masyarakat yang ada di Desa Karang Bajo. ( Ardes ).


1 komentar: