Jumat, 24 Juli 2015

Miniatur Masjid Kuno Unik dan Menarik

DKB, Miniatur Mesjid Kuno Bayan memang unik dan Menarik Miniatur ini hasil Karya Remaja Al-Ijtihad Dasan Baro Desa Karang Bajo keterwakilan dari Kecamatan Bayan telah mengikuti Pawai Takbiran menjelang 1 Syawal 1436 H, yang di Selenggarakan Oleh Panitia  Takbiran tingkat Kabupaten Lombok Utara Alhamdullilah mendapatkan hasil yaitu Juara dua tingkat Kabupaten di Tanjung 17 Juli 2015.

Musungan Karang Bajo, Kertamalip menceritakan proses pembuatan Miniatur Mesjid Kuno yang berukuran 100cm x 100cm merapat ini memang Unik dan Menarik yang mana bahannya terbuat dari Kayu Usuk bahan dalamnya, bambu sebagai atap dan dinding sedangkan Ijuk dari pohon Nau sebagai bukbuknya, Miniatur Mesjid Kuno ini sengaja di pajang pada halayak ramai agar masyarakat sekitar Lombok Utara bisa mengenal secara dekat, karena masjid kuno ini merupakan simbul Sesanti Lombok Utara TIOQ TATA TUNAQ.

Adapun Hal lain yang unik ditampilkan oleh Remaja Al Ijtihad Dasan Baro mulai dari Penampilan Beduknya sama persis besarnya dengan beduk yang ada di dalam Mesjid Kuno Bayan, Ada Bong yang berada di pintu Masuk Masjid berada siatas pohon Jepun, setelah itu busananya semua peserta Remaja Putra dan Remaja Putri memakai kain tenun berwarna merah namanya Londong Abang buatan warga Desa Karang Bajo dan Desa Bayan,

Disamping itu ada empat orang remaja putra yang memakai busana berbeda yaitu ikat kepala bundar berwarna putih melambangkan sebagai  Pemimpin dibidang Keagamaan antara lain kiyai Penghulu, Kiyai Ketip, Kiyai Mudim dan Kiyai Lebe, sedangkan yang lain semua remaja Putra sebanyak 40 orang sebagai Kiyai Santri jadi jumlah mukim yang mengisi masjid itu ada 44 orang Kiyai yang memakai ikat kepala putih ( sapuk petak ).

Keunikan lain yang ditampilan juga semua remaja putri memakai baju putih,  jilbab putih dan diatasnya ada Jong Bayan berwarna merah, jong ini hanya ada di wilayah Kecamatan Bayan dan jong biasa dipakai oleh seorang wanita apada acara  ritual Maulid Nabi Muhammad SAW secara Adat.

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu SH. Pada saat penyerahan piala dan Piagam Pawai Takbiran tingkat Kabupaten tahun 2015 mengatakan selamat kepada Remaja Masjid Baiturrhamnan Tanjung sebagai Juara satu, Remaja Masjid Al-Ijtihad Dasan Baro Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan sebagai  juara dua dan Remaja masjid Teluk Ombal Kecamatan Pemenang sebagai Juara tiga
.
Harapan H. Djohan Sjamsu mudah mudahan tahun depan bisa di tetap bertahan dan tingkatkan, penyerakan Piala ini diberikan pada acara Halal Bihalal setelah upacara HUT KLU tanggal 22 Juli 2015 di Halaman kantor Bupati Lombok Utara Tanjung yang di terima oleh semua utusan yang meraih juara.I, II, dan III, Harapan I, II dan  III ( Ardes ).



1 komentar:

  1. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..

    BalasHapus