Senin, 08 Mei 2017

SK 09 TH 2017 TENTANG PPID DESA KARANG BAJO

KEPUTUSAN KEPALA DESA KARANG BAJO  NOMOR 09 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PEMBANTU DESA KARANG BAJO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA


KEPALA DESA KARANG BAJO

Menimbang :     a.   PBahwa untuk meaksanakan ketentuan pasal 12 Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dipandang perlu menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Desa Karang Bajo ;

b.    Bahwa berdasarkan ketentuan pasal 7 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembatu Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara;

c.    Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, dan b, perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Desa Karang Bajo.
Mengingat :           a.   Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (   Lembaran
                                         Negara Repoblik Indonesia Tahun 2014 nomor 7);

b.    Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah , Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota;

c.    Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah;

d.    Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;

e.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah;

f.    Peraturan Komisi Informasi Nomor 01 Tahun 2010 tentang Standar layanan informasi publik;
g.    Peraturan Bupati Lombok Utara Nomor 4.A /2016 tentang Sistem Informasi Desa di Kabuapten Lombok Utara;

    MEMUTUSKAN :
Menetapkan    :    KEPUTUSAN  KEPALA  DESA  KARANG BAJO  NO:  09 TAHUN 2017 TENTANG
    PENETAPAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)
    PEMBANTU DESA KARANG BAJO  KECAMATAN BAYAN KABUPATEN
    LOMBOK UTARA
KESATU    :    Menetapkan  Pejabat  Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi  (PPID)
        Pembantu Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara
        dengan Susunan kepengurusan sebagai berikut       
No.    Jabatan    dalam        Nama / Jabatan dalam Instansi       
    PPID Pemb.                   
1.    Atasan PPID    :    KERTAMALIP (Kepala Desa)       
2.    Ketua        :    SATRIAWAN ALBAYANI, A.Md (Sekretaris Desa)       
3.    Bidang        :    HAMZANWADI, A.Md    (Oprator SID)       
    Pendokumentasian                   
    dan   Pengelolaan                   
    Informasi                   
4.    Bidang    Pelayanan    :    IRANADI (Kaur TU)       
    Informasi                   
5.    Bidang        :    MISANOM (KASI PEMERINTAHAN)   
    Penyelesaian       
    Sengketa                   
KEDUA    Tugas PPID Desa Karang Bajo adalah sebagai berikut:   
    1.    Merencanakan,    mendokumentasikan,    mengkoordinasikan   dan
        mengendalikan pengumpulan informasi, mengklarifikasikan informasi,
        mendokumentasikan informasi dan memberikan pelayanan informasi;
    2.    Menyimpan,    mendokumentasikan,    menyediakan    dan/atau
        memberikan pelayanan informasi kepada publik;   
    3.    Melakukan verifikasi bahan informasi publik sesuai tugas pokok dan
        fungsi organisasi;           
    4.    Melakukan uji konsekuensi atas informasi publik yang dikecualikan;
    5.    Melakukan  pemutakhiran  informasi  dan  dokumentasi  agar  dapat
        diakses oleh masyarakat;       
    6.    Melaksanakan  advokasi  pengaduan  dan  penyelesaian  sengketa
        informasi publik.           
KETIGA    Wewenang PPID Desa Karang Bajo adalah sebagai berikut:   
    1.    Menolak  memberikan  informasi  yang  dikecualikan  sesuai  dengan
        ketentuan peraturan perundang-undangan;       
    2.    Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses
        oleh publik;           
    3.    Meminta dan memperoleh informasi dan unit kerja komponen/satuan
        yang menjadi cakupan kerjanya;       
    4.    Mengkoordinasikan  pemberian  pelayanan  informasi  dengan  PPID
        Utama/Pelaksana dan/atau pejabat fungsional yang menjadi cakupan
        kerjanya;           

KEEMPAT    Tata cara kerja PPID Desa Karang Bajo adalah sebagai berikut:

1.    Secara berkala ataupun setiap saat apabila diperlukan dapat mengadakan rapat baik yang bersifat pleno maupun terbatas dengan PPID Pelaksana dalam rangka merumuskan suatu kebijakan yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPID Desa;

2.    Dapat mengundang pihak lain yang berkepntingan untuk hadir pada rapat, guna memperoleh tambahan data/informasi dan/atau masukan yang diperlukan;

3.    Dalam pelaksanaan tugasnya PPID Desa wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik di lingkungan kelompok kerja maupun dengan PPID Pelaksana;
4.    Dalam pelaksanaan tugasnya PPID Desa bertanggung jawab kepada

        Bupati Kabupaten Sumbawa Barat melalui Atasan PPID Desa (Kepala
        Desa)
KELIMA    Tugas masing-masing Bidang PPID Desa
    I.    Ketua PPID
        1.    Membantu Atasan PPID Desa dalam pengelolaan dan Pelayanan
            Informasi Publik kepada masyarakat;
        2.    Berkoordinasi   dengan   Atasan   PPID   Desa   bersama   PPID
            Utama/Pelaksana tentang uji konsekuensi informasi publik yang
            dikecualikan;
        3.    Menyelesaikan pengaduan tentang sengketa informasi publik.
    II.    Bid. Pendokumentasian dan Pengelolaan Informasi
        1.    Mengumpulkan  dan  mendokumentasikan  data/informasi  semua
            kegiatan/program yang sudah/sedang berjalan di lingkup kerja PPID
            Desa
        2.    Data/informasi yang dikumpulkan merupakan data real dan relevan
            dengan lingkup kerja masing-masing bagian PPID Desa/ Tupoksi unit
            kerja desa
        3.    Informasi yang dikumpulkan dapat bersumber dari Nara sumber
            atau arsip, baik arsip statis maupun dinamis
        4.    Mengelola data/informasi yang diperoleh ke dalam ketegori Berkala,
            Setiap Saat dan Dikecualikan
        5.    Mempublikasikan   data/informasi   pada  situs  website   desa
            http://karangbajo_lombokutara.desa.id / http://desakarangbajo.blogspot.co.id / www.suarakomunitas.net

III.    Bid. Pelayanan Informasi

1.    Melayani permintaan data/informasi desa dari masyarakat dengan mengisi formulir permintaan data

2.    Mengelompokkan semua data dalam 3 kategori data/informasi

3.    Merespon/menjawab setiap permintaan data dari masyarakat selama 10 hari sejak hari permintaan dan melengkapi permintaan data selama 7 hari tambahan

4.    Berkoordinasi dengan Bidang PPI terkait ketersediaan data/informasi yang diminta masyarakat

5.    Berkoordinasi dengan bidang penyelesaian sengketa terkait legalisasi organisasi yang meminta data/informasi
IV.  Bidang Penyelesaian Sengketa informasi publik.

1.    Menyelesaikan sengketa atas pengaduan tetang informasi publik yang bersumber dari Desa Karang Bajo.

2.    Berkoordinasi dengan bidang Pelayanan Informasi dan bidang PPI tentang kronologi /proses permintaan dan pemberian informasi oleh

organisasi/perorangan yang melakukan sengketa pengaduan

3.    Menyampaikan kepada Atasan PPID Desa DAN Ketua PPID Desa tentang sengkta pengaduan informasi terkait

KEENAM    Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibar ditetapkannya keputusan ini
dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tau
Anggaran berkenaan;

KETUJUH    Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan kektentuan apabila
dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keutusan ini akan diadakan

perubahan dan perbaikan sebagaiana mestinya.


Ditetapkan di    :    Karang Bajo
Pada Tanggal    :    07 Mei 2017

Kepala Desa Karang Bajo





( KERTAMALIP )



Tembusan : Disampaikan dengan hormat kepada :


1.    Bapak Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB di Mataram;
2.    Bapak Bupati Lombok Utara di Tanjung ;
3.    Kepala Dinas Komisi Informasi Lombok Utara di Gangga;
4.    Bapak Camat Bayan di Anyar;
5.    Bapak Ketua BPD Desa Karang Bajo di Ancak
6.    Pertinggal.














































LAMPIRAN    :    KEPUTUSAN KEPALA DESA KARANG BAJO
NOMOR    :    09 TAHUN 2017

TENTANG   :          PENETAPAN    PEJABAT PENGELOLA     INFORMASI DAN
DOKUMENTASI    (PPID)    PEMBANTU DESA KARANG BAJO   
KECAMATAN    BAYAN    KABUPATEN LOMBOK UTARA   



STRUKTUR PPID DESA KARANG BAJO

NO.    JABATAN DALAM PPID PEMB.        NAMA PPID    JABATAN DALAM INSTANSI
               
1.    Atasan PPID    :    KERTAMALIP    (Kepala Desa)
                   
2.    Ketua        :    SATRIAWAN ALBAYANI, A.Md    (Sekretaris Desa)
                   
3.    Bidang    Pendokumentasian    :    HAMZANWADI, A.Md    (Oprator SID)
    dan Pengelolaan Informasi           
               
4.    Bidang Pelayanan Informasi    :    IRANADI    (Kaur TU)
                   
5.    Bidang    Penyelesaian    :    MISANOM    (Kasi Pemerintahan)
    Sengketa               
                   







    Kepala Desa Karang Bajo





( KERTAMALIP )












KEPUTUSAN KEPALA DESA KARANG BAJO  NOMOR 09 TAHUN 2017

TENTANG

PENETAPAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN

DOKUMENTASI (PPID) PEMBANTU DESA KARANG BAJO
KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA


KEPALA DESA KARANG BAJO

Menimbang :     a.   PBahwa untuk meaksanakan ketentuan pasal 12 Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dipandang perlu menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Desa Karang Bajo ;

b.    Bahwa berdasarkan ketentuan pasal 7 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembatu Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara;

c.    Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, dan b, perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Desa Karang Bajo.
Mengingat :           a.   Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (   Lembaran
                                         Negara Repoblik Indonesia Tahun 2014 nomor 7);

b.    Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah , Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota;

c.    Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah;

d.    Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;

e.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah;

f.    Peraturan Komisi Informasi Nomor 01 Tahun 2010 tentang Standar layanan informasi publik;
g.    Peraturan Bupati Lombok Utara Nomor 4.A /2016 tentang Sistem Informasi Desa di Kabuapten Lombok Utara;

    MEMUTUSKAN :
Menetapkan    :    KEPUTUSAN  KEPALA  DESA  KARANG BAJO  NO:  09 TAHUN 2017 TENTANG
    PENETAPAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)
    PEMBANTU DESA KARANG BAJO  KECAMATAN BAYAN KABUPATEN
    LOMBOK UTARA
KESATU    :    Menetapkan  Pejabat  Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi  (PPID)
        Pembantu Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara
        dengan Susunan kepengurusan sebagai berikut       
No.    Jabatan    dalam        Nama / Jabatan dalam Instansi       
    PPID Pemb.                   
1.    Atasan PPID    :    KERTAMALIP (Kepala Desa)       
2.    Ketua        :    SATRIAWAN ALBAYANI, A.Md (Sekretaris Desa)       
3.    Bidang        :    HAMZANWADI, A.Md    (Oprator SID)       
    Pendokumentasian                   
    dan   Pengelolaan                   
    Informasi                   
4.    Bidang    Pelayanan    :    IRANADI (Kaur TU)       
    Informasi                   
5.    Bidang        :    MISANOM (KASI PEMERINTAHAN)   
    Penyelesaian       
    Sengketa                   
KEDUA    Tugas PPID Desa Karang Bajo adalah sebagai berikut:   
    1.    Merencanakan,    mendokumentasikan,    mengkoordinasikan   dan
        mengendalikan pengumpulan informasi, mengklarifikasikan informasi,
        mendokumentasikan informasi dan memberikan pelayanan informasi;
    2.    Menyimpan,    mendokumentasikan,    menyediakan    dan/atau
        memberikan pelayanan informasi kepada publik;   
    3.    Melakukan verifikasi bahan informasi publik sesuai tugas pokok dan
        fungsi organisasi;           
    4.    Melakukan uji konsekuensi atas informasi publik yang dikecualikan;
    5.    Melakukan  pemutakhiran  informasi  dan  dokumentasi  agar  dapat
        diakses oleh masyarakat;       
    6.    Melaksanakan  advokasi  pengaduan  dan  penyelesaian  sengketa
        informasi publik.           
KETIGA    Wewenang PPID Desa Karang Bajo adalah sebagai berikut:   
    1.    Menolak  memberikan  informasi  yang  dikecualikan  sesuai  dengan
        ketentuan peraturan perundang-undangan;       
    2.    Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses
        oleh publik;           
    3.    Meminta dan memperoleh informasi dan unit kerja komponen/satuan
        yang menjadi cakupan kerjanya;       
    4.    Mengkoordinasikan  pemberian  pelayanan  informasi  dengan  PPID
        Utama/Pelaksana dan/atau pejabat fungsional yang menjadi cakupan
        kerjanya;           

KEEMPAT    Tata cara kerja PPID Desa Karang Bajo adalah sebagai berikut:

1.    Secara berkala ataupun setiap saat apabila diperlukan dapat mengadakan rapat baik yang bersifat pleno maupun terbatas dengan PPID Pelaksana dalam rangka merumuskan suatu kebijakan yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPID Desa;

2.    Dapat mengundang pihak lain yang berkepntingan untuk hadir pada rapat, guna memperoleh tambahan data/informasi dan/atau masukan yang diperlukan;

3.    Dalam pelaksanaan tugasnya PPID Desa wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik di lingkungan kelompok kerja maupun dengan PPID Pelaksana;
4.    Dalam pelaksanaan tugasnya PPID Desa bertanggung jawab kepada

        Bupati Kabupaten Sumbawa Barat melalui Atasan PPID Desa (Kepala
        Desa)
KELIMA    Tugas masing-masing Bidang PPID Desa
    I.    Ketua PPID
        1.    Membantu Atasan PPID Desa dalam pengelolaan dan Pelayanan
            Informasi Publik kepada masyarakat;
        2.    Berkoordinasi   dengan   Atasan   PPID   Desa   bersama   PPID
            Utama/Pelaksana tentang uji konsekuensi informasi publik yang
            dikecualikan;
        3.    Menyelesaikan pengaduan tentang sengketa informasi publik.
    II.    Bid. Pendokumentasian dan Pengelolaan Informasi
        1.    Mengumpulkan  dan  mendokumentasikan  data/informasi  semua
            kegiatan/program yang sudah/sedang berjalan di lingkup kerja PPID
            Desa
        2.    Data/informasi yang dikumpulkan merupakan data real dan relevan
            dengan lingkup kerja masing-masing bagian PPID Desa/ Tupoksi unit
            kerja desa
        3.    Informasi yang dikumpulkan dapat bersumber dari Nara sumber
            atau arsip, baik arsip statis maupun dinamis
        4.    Mengelola data/informasi yang diperoleh ke dalam ketegori Berkala,
            Setiap Saat dan Dikecualikan
        5.    Mempublikasikan   data/informasi   pada  situs  website   desa
            http://karangbajo_lombokutara.desa.id / http://desakarangbajo.blogspot.co.id / www.suarakomunitas.net

III.    Bid. Pelayanan Informasi

1.    Melayani permintaan data/informasi desa dari masyarakat dengan mengisi formulir permintaan data

2.    Mengelompokkan semua data dalam 3 kategori data/informasi

3.    Merespon/menjawab setiap permintaan data dari masyarakat selama 10 hari sejak hari permintaan dan melengkapi permintaan data selama 7 hari tambahan

4.    Berkoordinasi dengan Bidang PPI terkait ketersediaan data/informasi yang diminta masyarakat

5.    Berkoordinasi dengan bidang penyelesaian sengketa terkait legalisasi organisasi yang meminta data/informasi
IV.  Bidang Penyelesaian Sengketa informasi publik.

1.    Menyelesaikan sengketa atas pengaduan tetang informasi publik yang bersumber dari Desa Karang Bajo.

2.    Berkoordinasi dengan bidang Pelayanan Informasi dan bidang PPI tentang kronologi /proses permintaan dan pemberian informasi oleh

organisasi/perorangan yang melakukan sengketa pengaduan

3.    Menyampaikan kepada Atasan PPID Desa DAN Ketua PPID Desa tentang sengkta pengaduan informasi terkait

KEENAM    Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibar ditetapkannya keputusan ini
dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tau
Anggaran berkenaan;

KETUJUH    Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan kektentuan apabila
dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keutusan ini akan diadakan

perubahan dan perbaikan sebagaiana mestinya.


Ditetapkan di    :    Karang Bajo
Pada Tanggal    :    07 Mei 2017

Kepala Desa Karang Bajo





( KERTAMALIP )



Tembusan : Disampaikan dengan hormat kepada :


1.    Bapak Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB di Mataram;
2.    Bapak Bupati Lombok Utara di Tanjung ;
3.    Kepala Dinas Komisi Informasi Lombok Utara di Gangga;
4.    Bapak Camat Bayan di Anyar;
5.    Bapak Ketua BPD Desa Karang Bajo di Ancak
6.    Pertinggal.





LAMPIRAN    :    KEPUTUSAN KEPALA DESA KARANG BAJO
NOMOR    :    09 TAHUN 2017

TENTANG   :          PENETAPAN    PEJABAT PENGELOLA     INFORMASI DAN
DOKUMENTASI    (PPID)    PEMBANTU DESA KARANG BAJO   
KECAMATAN    BAYAN    KABUPATEN LOMBOK UTARA   



STRUKTUR PPID DESA KARANG BAJO

NO.    JABATAN DALAM PPID PEMB.        NAMA PPID    JABATAN DALAM INSTANSI
               
1.    Atasan PPID    :    KERTAMALIP    (Kepala Desa)
                   
2.    Ketua        :    SATRIAWAN ALBAYANI, A.Md    (Sekretaris Desa)
                   
3.    Bidang    Pendokumentasian    :    HAMZANWADI, A.Md    (Oprator SID)
    dan Pengelolaan Informasi           
               
4.    Bidang Pelayanan Informasi    :    IRANADI    (Kaur TU)
                   
5.    Bidang    Penyelesaian    :    MISANOM    (Kasi Pemerintahan)
    Sengketa               
                   







    Kepala Desa Karang Bajo





( KERTAMALIP )









































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar