Senin, 24 Februari 2014

Kesehatan Ibu dan Janin sangat penting

KBM, Kesehatan Ibu dan janin sangat penting hal itu di sampaikan oleh Bidan Puskesmas Senaru Putu Emila Sari. A.Md.Keb. pada acara Klas Ibu Hamil yang di laksanakan di aula kantor Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan KLU NTB, 25/2/14.

Kepala Desa Karang Bajo dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Karang Bajo dari tahun 2011 sudah menjadi Desa Seiaga Aktif dan Desa yang telah berprestasi sampae tarap nasional di bidang Kesehatan dan AKINO. Nah ada kesepakatan yang telah kita bangun bersama tentang keselamaten Ibu bersalin itu adalah. Kita sepakat untuk melakukan persalinan di tolong oleh tenaga Medis ( Bidan Desa atau ke Puskesmas ) sedangkan Dukun sebagai mitra kerja bidan, dan ada sangsi, jika ibu melahirkan sendiri di rumah maka di denda Rp. 50.000, jika persalinan di tolong oleh dukun maka dendanya dobel Rp. 100.000,-
dendanya di serahkan oleh ibu yang bersalin ke Pemerintah Desa.

Bidan Desa Karang Bajo Nurasiah. A.Md.Keb. mengatakan bahwa Kelas Ibu hamil merupakan sarana belajar kelompok tentang Kesehatan  ibu hamil,  dalam bentuk tatap muka, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu ibu mengenai khamilan, persalinan, perawatan nipas dan perawatan bayi yang baru lahir praktek dengan menggunakan buku KIA dan Bidan juga mengajak peserta Klas Ibu hamil itu untuk senam Bumil

Tujuan di laksanakannya Klas ibu hamil adalah Untuk meningkatkan pengetahuan ibu ibu, merubah sikap dan prilaku agar memahami tentang menjaga kehamilan persiapan persalinan, perawatan nipas dan perawatan bayi baru lahir dengan menggunakan buku KIA.

Kesehatan dan Janinnya terutama saat kehamilan sangat di pengaruhi oleh bernagai paktor antara lain, Gizi ibu hamil, setatus imunisasi ibu hamil, penyakit menular dan penyakit tidak menular, serta kejiwaan ibu, oleh karena itu setiap ibu hamil di inginkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilannya secara rutin 9 kali selama kehamilan.

Harapan Bidan Puskesmas Senaru dengan adanya pelaksanaan Klas ibu hamil di Desa karang Bajo adalah adanya pemahaman oleh semua ibu hamil tentang kesehatan dirinya pada saat mengandungh dan bersalin nantinya di bidan atau tenaga kesehatan. ( SK/22-0005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar