Rabu, 27 Mei 2015

33 Pengelola Bumdes se KLU ikuti Pelatihan Administrasi.

DKB. Sebanyak 33 Pengelola Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) yang ada di Kabupaten Lombok Utara mengikuti Pelatihan Pengurus Ekonomi Perdesaan dan Kewirausahaan bagi Anggota UEP.SP ( Pengelolaan Bumdes Bidang Administrasi ) yang di selenggarakan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BPM PPKB dan Pemdes Lombok Utara selama 3 hari di Mataram 27-05-15.

Pelatihan bagi Sumber Daya Masyarakat BUMDes LKM untuk fungsi Administrasi  ( Tingkat Dasar ) dengan tujuan untuk meningkatkan kopetensi Pengelolaan BUMDes LKM dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bersipat terapan untuk membina dan menunbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan anggota masyarakat Lombok Utara dalam upaya pengembangan Usaha Ekonomi Desa dalam keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Kantor BPM PPKB dan Pemdes Lombok Utara, H. Syahbudin mengatakan dalam pembukaannya bahwa salah satu upaya untuk memperkuat misi peningkatan akses jasa keuangan mikro bagi penduduk perdesaan terlebih yang miskin melalui BUMDdes LKM adalah mendorong penigkatan kwalitas Sumberdaya Manusia ( SDM ) melalui pelatihan yang berasis Kompetensi.
Hal ini berhubungan dengan tntangan utama bagi penyediaan jasa keuangan melalui kelembagaan yang sehat dan berkelanjutan dan peningkatan kaasitas untuk lingkup pengelola sangat di utamakan terutama bagi  BUMDes LKM yang bersetatus baru atau dalam persiapan untuk di dirikan .

Sementara Moderator Pelatihan Bumdes KLU, Rusni mengatakan Untuk mencapai kondisi kehidupan lembaga keuangan mikro yang sehat dan produktip, dibutuhkan kopetensi SDM dengan unjuk kerja yang standar baik bagi fungsi Manajer, Bagian Kredit, Kasir, maupun bagian Administrasi Pembukuan dan dewan Pengawas.

Salah satu fungsi yang saat ini dinilai perlu mendapatkan penyegaran atas kapasitas yang ada di Kabupaten Lombok Utara adalan Fungsi Administrasi  Pembukuan, Administrasi Keuangan, untuk itu dibutuhkan adanya penguasaan ilmu dasar secara lengkap
.
Hasil yang diharapkan adalah adanya pemahaman dari bagian Administrasi Pembukuan LKM dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi nya secara baik dan benar, adanya peningkatan pengetahuan , keterampilan dan sikap menuju SDM BUMDes LKM yang professional ( Kertamalip ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar